Penerapan Model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 16 Bermani ilir

Ariansi, Ariansi and Ratnawati, Ratnawati and Rian Oktori, Agus (2019) Penerapan Model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 16 Bermani ilir. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NA.pdf - Accepted Version

Download (363MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menulis karangan narasi yang dicapai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih banyak yang di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu ≥ 65. Adapun kendala yang menyebabkan hasil kemampuan menulis karangan narasi,siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 16 Bermani Ilir yakni faktor yang menjadi penyebab kurangnya minat anak dalam menulis sebuah karangan yaitu karena anak tidak tahu dari mana ia harus memulai membuat karangannya. Selain itu, upaya guru untuk membantu siswa dalam memunculkan ide gagasannya masih sangat kurang karena model pembelajaran dilaksanakan kurang mengikut sertakan keaktifan siswa, sehingga membuat siswa menjadi jenuh, bosan dan pasif karena hanya mendengarkan penjelasan guru dan guru ketika menjelaskan tidak mengunakna alat bantu berupa media. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan Model Pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Bermani Ilir Penelitian ini mengunakan rancanagan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Targgat. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 3 pertemuan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes pra siklus, tes siklus I dan tes siklus II. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan lembar observasi aktifitas siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, Sebelum diterapkan model pembelajaran picture and picture kemampuan menulis karangan narasi hanya sebagian anak yang mendapatkan nilai di atas kkm nilai kkm yaitu 65, sebelum diterapkan model pembelajaran picture and picture kemampuan menulis karagan narasi siswa kelas IV SD Negeri 16 Bermani ilir, ketuntasan belajar siswa pada Pra siklus hanya 57,1% dengan nilai rata-rata 64,1 dan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture ketntasan belajar menulis karagan narasi siswa pada siklus I meningkat yaitu 65,7% nilai rata-rata 67,8 . kemudian meningkat pada siklus II yaitu ketuntasan belajar mencapai 91,4% degan rata-rata 81.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ariansi, AriansiUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Rian Oktori, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pemebelajaran Picture and picture,kemampuan menulis karangan narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:47
Last Modified: 20 Feb 2023 09:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item