Penerapan Tari Kejei Dalam Pengembangan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar Negeri 40 Rejang Lebong

Ardiansyah, Ardiansyah and Putrajaya, Guntur and Zulaiha, Siti (2019) Penerapan Tari Kejei Dalam Pengembangan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar Negeri 40 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ARDIANSYAH.pdf - Accepted Version

Download (15MB)

Abstract

Permasalahan yang berada di Sekolah untuk penerapan Tari Kejei adalah karena terbentur dengan fasilitas dalam pembiayaan yang kurang. Kurnagnya pelatih khusus dan siswa belum bisa mengikuti agenda-agenda di luar sekolah yang bisa menunjang hasil kognitif atau hardskill siswa berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hasil penerapan Tari Kejei, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat Tari Kejei dalam mengembangkan keterampilan siswa kelas IV pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN 40 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan:1) Reduction data, dengan memilih hal-hal pokok dan memfokuskan pada hal-hal penting dalam suatu penelitian. 2) Data Display yaitu dengan penyajian data yang sudah disusun dan dikelompokkan berdasarkan dengan data-data yang didapatkan di lapangan. 3) Penarikan Kesimpulan, dalam penelitian ini berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik penguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan penerapan Tari Kejei dalam mengembangkan keterampilan siswa SDN 40 Rejang Lebong adalah dengan cara mengikuti Eksrakurikuler sanggar tari dan music di sekolah, 2) penerapan Tari Kejei ini sudah sesuai dengan teori yang ada diberikan, hanya saja penerapannya yang kurang efektif jika tetap dilaksanakan ketika luar jam sekolah, 3) faktor pendukung yang ada di sekolah sudah tergolong baik dengan seluruh dujungan para guru dan bentuk antusiasme para siswa-siswi kelas IV SDN 40 Rejang Lebong, 4) faktor penghambat yang peneliti temukan hanya beberapa saja yakni kurangnya fasilitas pembiayaan dari sekolah untuk Realisasi Tari Kejei lebih baik,sehingga siswa-siswi bisa mengikuti setiap musabaqoh di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ardiansyah, ArdiansyahUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Tari Kejei, dan Keterampilan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:47
Last Modified: 20 Feb 2023 09:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item