Implementasi Penguatan Positif untuk Mengatasi Kebiasaan Buruk Siswa dalam Belajar di Kelas V.B Madrasah Ibtidaiyah 05 Darussalam. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Maulana, Alhendra and Ifnaldi, Ifnaldi and Syaripah, Syaripah (2019) Implementasi Penguatan Positif untuk Mengatasi Kebiasaan Buruk Siswa dalam Belajar di Kelas V.B Madrasah Ibtidaiyah 05 Darussalam. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PENGUATAN POSITIF UNTUK MENGATASI KEBIASAAN BURUK SISWA DALAM BELAJAR DI KELAS MADRA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Mengajar pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau system lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsung proses belajar. Mengajar adalah menyampaikan pengetahuan pada anak didik.Dalam proses belajar mengajar, setiap siswa dituntut untuk aktif dalam mengikuti pelajaran agar terjadi pembelajaran yang interaktif antara guru dan siswa.Namun pada kenyataannya, tidak semua siswa bisa aktif dalam proses pembelajaran. Bahkan ada siswa yang masih melakukan kebiasaan buruk dalam belajar yakni membuat kegaduhan, mencontek saat ujian ataupun mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui faktor penyebab kebiasaan buruk kelas V.B Madrasah Ibtidaiyah 05 Darussalam Kabupaten Kepahiang. Mengetahui implementasi mengatasi kebiasaan buruk V.B Madrasah Ibtidaiyah 05 Darussalam Kabupaten Kepahiang.Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research) yang diawali dengan kegiatan penjajakan/observasi, untuk mengetahui objek yang akan diteliti.Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian deskriftif kualitatif yaitu uraian naratif mengenai suatu proses tingkah laku subjek sesuai dengan masalah yang diteliti. Faktor penyebab siswa kelas V.B MIS Darussalam melakukan kebiasaan buruk yakni diantaranya Faktor Internal yang mengakibatkan siswa melakukan kebiasaan buruk dalam belajar adalah motivasi yang dimiliki siswa masih lemah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Serta Faktor Negatif yakni mempengaruhi siswa yang dalam hal ini adalah lingkungan sosial baik datang dari teman siswa maupun lingkungan masyarakat yang berada diluar dari lingkungan sekolah. Sebagaimana hasil penelitian ini menunjukanbahwa Kebiasaan buruk yang terjadi pada siswa kelas V.B MIS Darussalam ketika mengikuti kegiatan pembelajaran diantaranya adalah berlaku curang,membuat kegaduhan dan berlaku tidak sopan. Selanjutnya pihak Madrasah Ibtidaiyah 05 Darussalam Kabupaten Kepahiang telah berupaya mencegah dan menanggulangi dengan mengimplementasikan penguatan positif. Adapun bentuk dari implementasi penguatan positiftersebut berupa positive verbal dengan memberikan pujian dan nasihat, serta positif non verbal dengan memberikan bintang point tambahan bagi siswa berprilaku positif ataupun pengurangan point bagi siswa yang melakukan kebiasaan buruk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maulana, AlhendraUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguatan Positif, Kebiasaan Buruk
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:47
Last Modified: 20 Feb 2023 09:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item