Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa Ditinjau Dari Verbal Reinforcement Dan Non-Verbal Reinforcement Pada Pembelajaran Tematik SDUA Taman Harapan Curup

Ramadhan, Agil and Susilawati, Susilawati and Syaripah, Syaripah (2019) Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa Ditinjau Dari Verbal Reinforcement Dan Non-Verbal Reinforcement Pada Pembelajaran Tematik SDUA Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DITINJAU DARI VERBAL REINFORCEMENT DAN NON-VERBAL REINFORCEMENT PADA PEMBELAJARA~1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk karakter siswa, salah satunya adalah karakter percaya diri. Dengan adanya pendidikan karakter, diharapkan persolan mendasar dalam dunia pendidikan yang akhir-akhir ini sering menjadi keprihatinan bersama dapat diatasi. Tentunya harus ada upaya dari pihak sekolah baik itu kepala sekolah, guru dan orangtua dalam mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan kedua jenis penguatan yaitu penguatan verbal dan non-verbal. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau bagaimana penggunaan penguatan dapat membentuk karakter percaya diri siswa, serta kendala yang dialami oleh guru dalam upaya membentuk karakter percaya diri menggunakan kedua jenis penguatan baik secara verbal maupun non-verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber,teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah menggunakan penguatan verbal seperti memberi komentar, dukungan, motivasi dan pujian kepada siswa untuk membentuk karakter percaya diri, (2) Guru telah menggunakan penguatan non-verbal seperti memberi senyuman, mendekati siswa, mengacungkan jempol maupun dengan memberikan hadiah untuk membentuk karakter percaya diri, (3) Kendala yang dialami guru dalam menggunakan penguatan adalah kecemburuan sosial, kurang kondusifnya suasana pembelajaran dan tingkah laku siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadhan, AgilUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter percaya diri, Guru, Penguatan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:47
Last Modified: 20 Feb 2023 09:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item