Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pengajaran Unit Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 135 Rejang Lebong

Kurniawati, Desi and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2019) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pengajaran Unit Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 135 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENGAJARAN UNIT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGE.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal, pembelajaran IPA di SD Negeri 135 Rejang Lebong khususnya kelas IV cenderung menggunakan Metode Ceramah. Minat siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru masih kurang, hanya beberapa siswa yang berkemampuan tinggi saja yang aktif selama proses belajar mengajar, sedangkan siswa lain hanya bersifat sebagai penerima dan pendengar saja. Diantaranya, banyak siswa yang sibuk dengan kegiatannya sendiri bahkan mengobrol dengan sesama temannya di dalam kelas. Dampak pada pembelajaran yang seperti ini, siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami pelajaran IPA. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Metode Pengajaran Unit dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 135 Rejang Lebong pada pokok bahasan Struktur tumbuhan dan fungsinya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 135 Rejang Lebong tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 19 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Adapun data yang diperoleh dari pemberian test yaitu post-test, lembar observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum meggunakan metode Pengajaran Unit masih tergolong rendah. Dilihat dari perolehan nilai 19 orang siswa yaitu ketuntasan klasikal 36,84 % dengan nilai rata-rata 58,94. Pada siklus I, diperoleh ketuntasan klasikal 52,63% dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal meningkat menjadi 89,47% dengan nilai rata-rata 81,57%, ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Pengajaran Unit dapat meningkatkan hasil belajar. Dan untuk observasi kegiatan aktivitas siswa meningkat dilihat pada siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 28,5 (cukup), dan siklus II sebesar 36 (baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurniawati, DesiUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran Unit, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:46
Last Modified: 20 Feb 2023 09:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item