Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 10 Rejang Lebong

Tri Agustina, Anggi and Rahmi Nasutiom, Aida and Yulizah, Yosi (2022) Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Anggi Tri Agustina.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat dibutuhkan setelah banyak ditemukan manusia yang cerdas dalam pendidikan formal namun tidak memiliki karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari seperti perbuatan korupsi, pemakaian narkoba, dan perkelahian yang dilakukan oleh pelajar bahkan orang dewasa yang telah mengenyam pendidikan tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran subtema organ gerak hewan kelas V SD Negeri 10 Rejang Lebong dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter terhadap pendidikan islam pada pembelajaran subtema organ gerak hewan kelas V SD Negeri 10 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif berbasis deskriptif dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan di SD Negeri 10 Rejang Lebong pada silabus memuat nilai jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dan kerja sama sedangkan pada RPP memuat nilai religius, cinta tanah air, semangat kebangsaan, komunikatif, demokrasi, mandiri, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli sosial dan peduli lingkungan. Adapun pada pelaksanaan pembelajaran memuat nilai peduli lingkungan, religius, disiplin, cinta tanah air, semangat kebangsaan, tanggung jawab dan mandiri. Sedangkan untuk penilaian pembelajaran memuat nilai disiplin, tanggung jawab, mandiri, demokratis, komunikatif, dan peduli sosial. 2) Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan memiliki relevansi terhadap pendidikan Islam yaitu nilai akidah, syariah dan akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tri Agustina, AnggiUNSPECIFIED
Rahmi Nasutiom, AidaUNSPECIFIED
Yulizah, YosiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Nilai Karakter, Pendidikan Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:46
Last Modified: 20 Feb 2023 09:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item