Peranan Guru Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di Sd Muhammadiyah 1 Curup

Permata Sari, Anggi and Kurniawan, Kurniawan and Baryanto, Baryanto (2022) Peranan Guru Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di Sd Muhammadiyah 1 Curup. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi ANGGI PERMATA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan guru di SD Muhammadiyah 1 Curup khususnya pada siswa kelas rendah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter sosial siswa yang diketahui melalui peranan sekolah berbasisi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru di SD Muhammadiyah 1 Curup telah terlaksana dengan baik melalui pembiasaan- pembiasaan dari kegiatan keislaman. Nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa di SD Muhammadiyah yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, toleransi, cinta damai, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, nasionalisme, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, dan integritas; faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah guru sudah paham secara benar mengenai konsep dan aplikasi pendidikan karakter, sarana dan prasarana sekolah yang menunjang dalam pembelajaran dan proses pendidikan karakter, dan guru berperan aktif dalam pendidikan karakter sedangkan faktor penghambatnya adalah Adanya perbedaan budaya disekolah dengan budaya dirumah seperti disekolah siswa rajin melaksanakan kegiatan keIslaman, ketika dirumah siswa tidak melaksanakan hal tersebut seharusnya guru di sekolah itu harus memiliki buku agenda kegiatan di rumah yang harus di tanda tangani oleh guru dan orang tua/wali murid. Pembentukan karakter siswa terlihat dari beberapa tingkah laku siswa setiap hari. Perilaku peduli sosial yang terlihat dalam kegiatan keseharian siswa seperti baca tulis Al-Qur’an, Sholat, membantu teman yang sedang kesulitan, membantu teman belajar, berinfaq setiap hari, mengucapkan salam dan menyapa teman dan masih banyak lagi. Sekolah yang memiliki sifat Islami sangat berperan terhadap pembentukan karakter siswa terutama karakter sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Permata Sari, AnggiUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Karakter Sosial, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:46
Last Modified: 20 Feb 2023 09:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item