Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua

Anggraeni, Revi and Fathurrohman, Irwan and Siswanto, Siswanto (2021) Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENUNJANG MUTU PEMBELAJARAN DI SDN LUBUK TUA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pengadaan merupakan serangkaian kegiatan menyediakan berbagai jenis sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, diharapkan kepada semua lembaga pendidikan agar dapat mengelola sarana dan prasarana dengan baik sesuai dengan standar pemerintah yang telah ditetapkan. Tujuan pengadaan sarana dan prasarana ini adalah untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan atau peralatan yang dapat menunjang proses pembelajaran agar terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan itulah peneliti merumuskan bagaimana perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di SDN Lubuk tua dan apakah pengadaan sarana dan prasarana dapat menunjang mutu pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data, data primer adalah data yang bersumber dari kepala sekolah dan pengelola sarana dan prasarana SDN Lubuk Tua. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak lain dan dokumen yang berhubungan dengan data. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian ini adalah tentang perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran di SDN Lubuk Tua. Kegiatan perencanaan pengadaan tersebut dilakukan dengan cara mengadakan rapat bersama untuk mendapatkan usulan dari para guru tentang apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan proses pembelajaran. Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara mengajukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) oleh para gutu-guru kemudian disetujui oleh kepala sekolah. Pengadaan sarana dan prasarana dapat menunjang mutu pembelajaran karena apabila sarana dan prasarana sekolah memadai maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan akan tercipta proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraeni, ReviUNSPECIFIED
Fathurrohman, IrwanUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:46
Last Modified: 20 Feb 2023 09:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item