Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas III di SD Negeri 80 Rejang Lebong

Sari, Erli Winda and Ratnawati, Ratnawati and Syaripah, Syaripah (2019) Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas III di SD Negeri 80 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai siswa pada mata pelajaran matematika yang cenderung rendah, ketika siswa harus menjawab pertanyaan yang ada terkait bacaan yang dibaca, terdapat juga siswa yang beberapa kali harus membaca kembali bacaan tersebut. Pembacaan kembali mengindikasikan paham atau tidaknya peserta didik terhadap apa yang dibacanya. Selain itu, kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika salah satunya disebabkan oleh kesulitan membaca permasalahan matematika yang dihadapi. Siswa cenderung bisa membaca langsung materi matematika dari buku, namun tidak mampu memahami apa yang sedang dibacanya. Kesulitan-kesulitan tersebut menjadi penghalang bagi siswa untuk dapat memecahkan masalah soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas III (2) Bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas III di SD Negeri 80 Rejang Lebong tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini ditentukan dengan tehnik Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tehnik product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dikatakan masih rendah dimana dengan hasil 12 orang siswa yang mendapat nilai tinggi dan 10 orang siswa yang mendapat nilai rendah. Pada kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dengan hasil sebanyak 8 orang mendapat nilai tinggi, 7 orang yang mendapat nilai rendah dan 7 orang yang mendapat nilai sangat rendah (0) sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dikatakan rendah. Pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dari hasil perhitungan penelitian di peroleh rhitung 0,270 < rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%, dengan interprestasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Erli WindaUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:44
Last Modified: 20 Feb 2023 09:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item