Strategi Pemasaran Produk-Produk Gadai Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus di Pegadaian Syariah Unit Lubuk Linggau)

Putra, Muhamad Okto and Sulastyawati, Dwi and Silvia, Sineba Arli (2020) Strategi Pemasaran Produk-Produk Gadai Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus di Pegadaian Syariah Unit Lubuk Linggau). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK-PRODUK GADAI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus di .pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pegadaian syariah merupakan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempuyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai. Pada umumnya masyarakat hanya memahami pemasaran sebagai sebuah penjualan. padahal pemasaran itu mempunyai arti luas karena pemasaran adalah suatu proses yang teratur dan jelas untuk memikirkan dan merencanakan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pegadaian syariah unit Lubuk Linggau dalam meningkatkan jumlah nasabah dan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh pegadaian syariah unit Lubuk Linggau efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan manager pegadaian syariah unit Lubuk Linggau, dan dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku, dan sumber lainnya yang relavan dengan penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : Pertama, strategi pemasaran yang diterapkan oleh pegadaian syariah unit Lubuk Linggau menggunakan strategi 4P: Product, Price, Place, dan Promotion. Dalam hal produk dilakukan dengan cara pengembangan produk, nasabah saat ini dapat milih produk yang lebih dibutuhkan oleh nasabah karena saat ini pegadaian syariah unit Lubuk Linggau telah memiliki beberapa produk. Dalam hal harga yaitu dengan memotong tarif ijarah dari Rp. 85 menjadi Rp. 80 setiap Rp. 10.000 nilai taksiran. Dalam hal distribusi yaitu atau juga tempat lokasinya sangat strategis dan mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan raya serta pusat kota. Dalam hal promosi yaitu dengan cara periklanan berupa paflet, brosur, souvernir, payung dan publisitas. Kedua, Strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Pegadaian Syariah Unit Lubuk Linggau ternyata efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah. Ini terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putra, Muhamad OktoUNSPECIFIED
Sulastyawati, DwiUNSPECIFIED
Silvia, Sineba ArliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, produk gadai syariah, jumlah nasabah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:44
Last Modified: 20 Feb 2023 09:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item