Pemanfaatan Value Clarification Technique (VCT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang

Rahayu, Eka Septiani and Kurniawan, Kurniawan and Palupi Putri, Dini (2019) Pemanfaatan Value Clarification Technique (VCT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PEMANFAATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF PADA MATA PE.pdf - Accepted Version

Download (364MB)

Abstract

Mata Pelajaran IPS yang berlangsung di Sekolah Dasar lebih menekankan pada pembelajaran yang dimana siswa sebagai peserta didik dituntut menerima materi yang disampaikan oleh guru secara satu arah. Siswa seharusnya memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran dan mampu mengaplikasikan materi-materi mata pelajaran IPS yang telah dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan VCT di kelas dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas V MIS 05 Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam usaha menguji hipotesis yang telah diajukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sebanyak 89 siswa yaitu seluruh siswa yang duduk di bangku kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Teknik Korelasi Carl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VCT dapat meningkatkan kemampuan afektif aspek sikap dan moral siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang positif dan angka indeks korelasinya antara X dan Y1 sebesar 0,73 dan indeks korelasi antara X dan Y2 sebesar 0,72.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahayu, Eka SeptianiUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Palupi Putri, DiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Value Clarification Technique, Kemampuan Afektif, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:44
Last Modified: 20 Feb 2023 09:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item