Strategi Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Jauharussa’adah Desa Pulau Kidak

Busroni, Ahmad and Bahri, Syaiful and Siswanto, Siswanto (2021) Strategi Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Jauharussa’adah Desa Pulau Kidak. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMAKSIMALKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 .pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Strategi kepala madrasah merupakan faktor yang paling menentukan dalam keberhasilan memaksimalkan proses belajar mengajar di madrasah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam memaksimalkan proses belajar mengajar di masa pendemi covid-19 dan bagaimana penerapan strategi kepala madrasah dalam memaksimalkan proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Madrasah Ibtidaiyah jauharussa’adah desa pulau kidak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, dan dewan guru madrasah. Objek penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah jauharussa’adah desa pulau kidak. Data kualitatif dianalisis melalui pengidentifikasian data, pengklafikasian data, penganalisisan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi kepala madrasah dalam memaksimalkan proses belajar mengajar di Madrasah Jauharussa’adah masa pandemi covid-19 yaitu strategi pembelajaran sistem modul (berkelompok kecil) kepala Madrasah selaku pimpinan tertinggi di madrasah memerintahkan langsung dewan guru untuk membuat modul dan kelompok belajar agar proses belajar mengajar dapat berjalan maksimal. 2) Penerapan strategi dalam memaksimalkan proses belajar mengajar masa pandemi covid-19 di Madrasah Jauharussa’adah menggunakan sistem modul (berkelompok), penerapan atau pelaksanaan sistem ini yaitu tatap muka dengan siswa Madrasah, waktu pembelajaran 25 menit permata pelajaran dengan mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Busroni, AhmadUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Proses Belajar Mengajar, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:44
Last Modified: 20 Feb 2023 09:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item