Pengaruh Promosi dan Prestise terhadap Minat Menjadi Investor (Studi Kasus pada Galeri Investasi Syariah IAIN Curup)

Rismawati, Riska and Noprizal, Noprizal and Fitmawati, Fitmawati (2020) Pengaruh Promosi dan Prestise terhadap Minat Menjadi Investor (Studi Kasus pada Galeri Investasi Syariah IAIN Curup). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RISKY RISMAWATI 16631112 PENGARUH PROMOSI DAN PRESTISE TERHADAP MINAT MENJADI INVESTOR.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Investor merupakan unsur terpenting dalam melakukan investasi di Pasar Modal Syariah. Investor disini memiliki fungsi sebagai penunjang pendanaan bagi lembaga keuangan tersebut. Investor memilliki alasan tersendiri pada awalnya dalam memutuskan menjadi investor, yang mana bisa terpengaruh dari promosi yang dilakukan oleh pihak Galeri Investasi Syariah IAIN Curup yang merupakan salah satu wadah perekrutan para investor. Promosi yang dilakukan bisa berupa seminar pasar modal, informasi langsung oleh GIS IAIN Curup ataupun ajakan teman pergaulan. Selain itu juga, ada suatu fenomena yang terlihat dari minat para investor yakni unsur prestise yang timbul dari investor ini senidiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi terhadap minat investor, unutk mengetahui bagaimana pengaruh prestise terhadap minat investor dan bagaimana pengaruh promosi dan prestise mempengaruhi minat investor secara bersamaan. Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 orang yang merupakan investor GIS IAIN Curup dengan sampel penelitian sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Kemudian untuk menganalisis data menggnunakan uji statistik deskriptif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dari analisis data penelitian ini menunjukkan hasil Uji T diperoleh bahwa variabel promosi memiliki thiutng sebesar 0,805 < ttabel 2,04227 dengan nilai signifikansi 0,071 > 0,05 maka H0 diterima yakni promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat investor. Variabel prestise memiliki thitung sebesar 1,862 < ttabel 2,04227 dengan nilai signifikansi 0,158 > 0,05 maka H0 diterima yakni prestise tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat investor. Hasil uji F bahwa Fhitung 6,041 > Ftabel sebesar 2,42 sehingga variabel promosi dan prestise berpengaruh secara simultan sebesar 21,4% terhadap minat investor sedangakn 78,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rismawati, RiskaUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Fitmawati, FitmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Prestise, Minat, Investor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:44
Last Modified: 20 Feb 2023 09:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item