Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Produk Arrum Haji di PT. Pegadaian Persero Cabang Curup

Anggraini, Putri and Noprizal, Noprizal and Ridwan, Rifanto Bin (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Produk Arrum Haji di PT. Pegadaian Persero Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK ARRUM HAJI DI PT PEGADAIAN PER.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Peningkatan jumlah nasabah dan meningkatnya profitabilitas pembiayaan dari lembaga keuangan sering diartikan sebagai salah satu indikator keberhasilan. Lembaga keuangan harus bisa mempertahankan nasabah untuk menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Menjaga loyalitas dari nasabah yang sudah ada dan menarik nasabah baru penting diperhatikan oleh lembaga keuangan. Dalam usaha lembaga keuangan perbankan ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan masyarakat memilih untuk menjadi nasabah pada lembaga keuangan yang dipilih. Salah satunya Pegadaian harus tanggap mempertahankan dan meraih pangsa pasar. Untuk mencapai hal tersebut pegadaian syariah dituntut memahami dan mengetahui perilaku dan sikap nasabah dalam memberikan keputusan mengenai pilihan terhadap sebuah produk, khususnya produk Arrum Haji. Dengan adanya keputusan nasabah, artinya ada faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih Arrum Haji di PT Pegadaian Persero Cabang Curup dan faktor apa yang paling mendominasi keputusan nasabah dalam memilih Produk Arrum Haji di PT Pegadaian Cabang Curup. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif (penelitian dengan melakukan penyebaran angket). Dalam hal ini penulis mengambil sampel sebanyak 22 orang nasabah yang sudah membuka Arrum Haji di Pegadaian Cabang Curup. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap kuesioner yang dibagikan kepada nasabah Arrum Haji. Sedangkan data sekunder berupa penelitian terdahulu dari jurnal maupun skripsi sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis pada penelitian kuantitatif (Uji Koefisien Regresi Simultan (Uji F), Uji koefisien Determinasi (R2), uji regresi linier berganda) dengan pengelolaan data menggunakan program software SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih Produk Arrum Haji di Pegadaian Cabang Curup terbagi menjadi 5 faktor, yaitu faktor promosi, faktor pelayanan, faktor lokasi, faktor sosial, dan faktor pribadi. (2) faktor yang paling dominan menjadi keputusan nasabah dalam memilih produk Arrum Haji di Pegadaian Cabang Curup adalah faktor pribadi. Karena dalam faktor pribadi menunjukkan bahwa keputusan nasabah dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,292 dan nilai Beta sebesar 0,262 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai keempat faktor sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, PutriUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Ridwan, Rifanto BinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, Keputusan Nasabah, Produk Arrum Haji, Pegadaian.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:44
Last Modified: 20 Feb 2023 09:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item