Manajemen Layanan Perpustakaan IAIN Curup dalam Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 (Layanan Karya Tulis Ilmiah dan Layanan Referensi)

Ponikasari, Shella and Amin, Muhammad and Sahib, Abdul (2021) Manajemen Layanan Perpustakaan IAIN Curup dalam Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 (Layanan Karya Tulis Ilmiah dan Layanan Referensi). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN IAIN CURUP DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Layanan Karya Tuli~1.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Perpustakaan menjadi pusat informasi bagi pemustaka perguruan tinggi. Layanan perpustakaan menjadi tolak ukur berhasilnya suatu perpustakaan, karena pelayanan berhubungan langsung dengan pemustaka dalam memenuhi kebutuhannya Adanya pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak terhadap kegiatan manusia, termasuk kegiatan perpustakaan yang selama ini dilakukan. Masalah utama yang diangkat pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan perpustakaan IAIN Curup dilihat dari sistem perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa di masa pandemi Covid-19 ditinjau dari layanan karya tulis ilmiah dan layanan referensi. Jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, berupa kata-kata, tulisan, atau lisan dari subjek yang diamati yaitu, kepala perpustakaan, pustakawan layanan karya tulis ilmiah dan layanan referensi dan mahasiswa IAIN Curup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan IAIN Curup telah melaksanakan manajemen layanan perpustakaan mulai dari perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaannya yaitu layanan karya tulis ilmiah dengan menyediakan perpustakaan digital (E-Library) seperti repository dan e-theses dan layanan referensi dengan menyediakan layanan Online Public Acces Catalog (OPAC), aplikasi Kubuku, serta layanan bebas pustaka online atau SKBPP (Surat Keterangan Bebas Pinjaman Perpustakaan), serta proses evaluasi. Manajemen layanan perpustakaan ini mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa di masa pandemi dengan strategi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ponikasari, ShellaUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Sahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Layanan Perpustakaan, Kebutuhan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:43
Last Modified: 20 Feb 2023 09:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item