Yani, Rama and Noprizal, Noprizal and Elkhairati, Elkhairati (2020) Tingkat Pemahaman Masyarakat Desa Bandung Marga terhadap Produk Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
RAMAYANI 16631154 Tingkat Pemahaman Masyarakat Desa Bandung Marga Terhadap Produk Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Curup.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Perbankan merupakan lembaga keuangan yang bergerak di bidang keuangan. Sebagai lembaga keuangan bank menyediakan jasa keuangan. Pada zaman sekarang bank sudah dikenal dari berbagai kalangan, yakni masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang bergerak berdasarkan prinsip syariah. Walaupun bank bukanlah hal yang jarang lagi akan tetapi masih ada juga beberapa masyarakat yang belum terlalu mengetahui bagaimana bank ini sendiri terkhususnya bank syariah. Masyarakat Desa Bandung Marga hanya tahu bank syariah saja akan tetapi untuk sistem dan keunggulan dari bank syariah ini sendiri belum terlalu tahu. Mereka tahu bank syariah hanya sebatas obrolan tetangga sekitar saja. Bahkan untuk produk dari bank syariah masyarakat Desa Bandung Marga ini sendiri belum terlalu tahu, ada yang tahu tapi hanya beberapa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat Desa Bandung Marga terhadap produk perbankan syariah dan faktor apa yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat pemahaman masyarakatnya. Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan jumlah populasi sebanyak 500 orang yang merupakan warga di Desa Bandung Marga. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan ialah angket, kepustakaan. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan rumus mean dan standar deviasi. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman masyarakat Desa Bandung Marga terhadap produk Bank Syariah Mandiri ialah 62% (Paham). Dan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat pemahaman masyarakatnya ialah faktor pengetahuan dengan presentase sebesar 28%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Masyarakat, Produk Perbankan Syariah | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:43 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:43 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1154 |
Actions (login required)
View Item |