Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MIS 04 Kepahiang

Sumarni, Evi and Ratnawati, Ratnawati and Syaripah, Syaripah (2019) Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MIS 04 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIS 04 KEPAHIANG.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pembeajaran IPS bertujuan untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya serta berbagai bekal bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kemampuan dan keterampilan guru dalam memilih dan menggunakan berbagai metode pembelajaran senantiasa terus ditingkatkan agar pembelajaran IPS benar–benar mampu mengkondisikan upaya pembekalan kemampuan dan keterampilan dasar bagi siswa untuk menjadi manusia dan warga negara yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode simulasi pada siswa kelas IV di MIS 04 Kepahiang pelajaran IPS, 2) Untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa pada materi pelajaran IPS kelas IV MIS 04 Kepahiang tentang gejala alam yang terjadi di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action research), yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang dilaksanakan di MIS 04 Kepahiang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, berjumlah 19 orang yang terdiri dari orang 14 laki-laki dan 5 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rata-rata skor aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan kriteria baik, cukup,s kurang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru dalam penerapan metode simulasi selalu mengalami peningkatan, meningkatnya aktivitas guru tersebut dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan pada setiap siklus. Selama prose pembelajara, rata-rata aktivitas guru siklus I pada pertemuan I sebesar 24,5 dengan kriteria “cukup” sedangkan pada pertemuan II aktivitas guru meningkat dengan rata-rata 30 dengan kriteria “baik”. Pada siklus II pertemuan I rata-rata aktivitas guru sebesar 33,5 dan aktivitas guru pada pertemuan II sebesar 35,5 dengan kriteria “baik”. Dengan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi ini mampu meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPS, (2) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa setiap siklusnya. Peningkatan Ini terlihat dari siklus I pada pertemuan I rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 16 dengan kriteria “Cukup” dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan II yaitu 18 dengan kriteria “Baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa baik pada pertemuan I maupun pertemuan II yaitu dengan rata-rata siklus II pertemuan I yaitu 19 dan Siklus II pertemuan II yaitu 20 dengan kriteria “Baik”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sumarni, EviUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi, Aktivitas Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:43
Last Modified: 20 Feb 2023 09:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item