Pelaksanaan Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sd Negeri 11 Rejang Lebong

Wati, Husna and Asha, Lukman and Yanuarti, Eka (2022) Pelaksanaan Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sd Negeri 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Husna wati.pdf

Download (8MB)

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan Metode Bercerita Merupakan salah satu model pembelajaran atau metode yang sering digunakan guru pada mengajar didalam kelas, metode ini perlu diterapkan pada siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung untuk melihat apakah siswa berkonsentrasi dan aktif dalam belajar. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran kosentrasi belajar siswa sangatlah penting agar proses pembelajaran berjalan sesuai yang ingingkan. Banyak sekali pengaruhnya terhadap hasil dari tujuan pembelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang tidak kosentrasi saat pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa-siswi kelas dua, sumber data yaitu data sekunder dan data primer. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Tekhnik analisa menggunakan deduktif dan induktif. Dalam pengolahan data peneliti mengumpulkan data, diklafikasikan sesuai kebutuhan selanjut dianalisa. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah Pertama Pelaksanaan Metode Bercerita pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu Menetapakan tujuan dan tema yang dipilih untuk kegiatan bercerita. Menetapkan jenis cerita yang dipilih, Menyiapkan alat atau alat peraga, memperhatikan posisi duduk peserta didik, menarik perhatian peserta didik dalam penyimakan isi cerita, menceritakan isi cerita secara lengkap, menyimpulkan isi cerita, evaluasi. Kedua faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode bercerita pada mata pelajaran PAI yaitu faktor pendukung pembelajaran tidak membosankan materi pembelajaran berbentuk cerita ini terkesan unik dan menarik. Sedangkan faktor penghambat pada penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan guru dan sangat minimnya media pembelajaran atau alat peraga yang digunakan oleh guru. Sehingga tidak ada yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minta siswa yang menjurus ke arah terjadinya proses belajar. Kata Kunci : Pelaksanaan, Metode Bercerita, dan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wati, HusnaUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Yanuarti, EkaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:43
Last Modified: 20 Feb 2023 09:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item