Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDIT Cahaya Robbani Kepahiang

Fitriani, Feni and Dibul Amda, Ahmad and Amin, M. (2019) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDIT Cahaya Robbani Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SDIT CAHAYA~1.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Akar penyebab dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada siswa pada pembelajaran matematika disebabkan beberapa faktor, salah satunya dikarenakan rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Di samping itu siswa terbiasa menghafal definisi, teorema serta rumus-rumus matematika, dan kurangnya pengembangan kemampuan lain termasuk kemampuan pemecahan masalah. Faktor lainnya adalah guru yang masih menjadi sentral utama dalam proses pembelajaran, dalam penyampaian materi guru cenderung monoton sehingga siswa kurang leluasa dalam menyampaikan ide-idenya. Alternatif model pembelajaran yang tepat menurut teori untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika yaitu model pembelajaran berbasis-masalah (Problem-Based Learning/PBL). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yang meliputi tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes pra siklus, tes siklus I, dan tes siklus II. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil observasi aktivitas guru dan data hasil observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu sebelum diterapkannya model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil tes pemahaman konsep siswa pra siklus, dari 25 siswa hanya 1 siswa saja yang nilainya diatas KKM (65). Penerapan model pembelajaran terdiri dari guru membuat perencanaan pembelajaran, guru melakukan pembelajaran, siswa mandiri dalam memecahkan masalah. Penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika khususnya materi operasi hitung bilangan cacah, terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV A SDIT Cahaya Robbani Kepahiang, yang mana sebelum diterapkannya model PBL ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 4% dengan nilai rata-rata 46,8 dan setelah diterapkannya model PBL ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus 1 meningkat yaitu 64% dengan nilai rata-rata 75,2, kemudian meningkat pada siklus II yaitu ketuntasan belajar klasikal mencapai 84% dengan rata-rata 77,2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fitriani, FeniUNSPECIFIED
Dibul Amda, AhmadUNSPECIFIED
Amin, M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:43
Last Modified: 20 Feb 2023 09:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item