Motif Masyarakat Non Muslim Menjadi Nasabah Gadai Emas pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bengkulu

Musthofa, Musthofa and Hardivizon, Hardivizon and Sholihin, Muhammad (2019) Motif Masyarakat Non Muslim Menjadi Nasabah Gadai Emas pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bengkulu. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MOTIF MASYARAKAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BENGKULU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Pembiayaan yang mudah lebih diminati nasabah muslim di bank syariah, namun ternyata terdapat juga nasabah non muslim yang menjadi nasabah gadai emas pada Bank Syariah Mandiri cabang Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif masyarakat non muslim menggunakan jasa pembiayaan gadai emas pada Bank Syariah Mandiri cabang Bengkulu dan untuk mengetahui bagaimana non muslim merasionalkan pilihan mereka dan menggunakan jasa pembiayaan gadai emas pada Bank Syariah Mandiri cabang Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau yang dikenal dengan istilah field Research. Lokasi penelitian ini adalah di Bank Syariah Mandiri cabang Bengkulu. Sample dalam penelitian ini adalah nasabah non muslim yang menggunakan jasa pembiayaan gadai emas pada Bank Syariah Mandiri cabang Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Masyarakat Non Muslim yang menjadi Nasabah Gadai Emas Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bengkulu adalah karena Motif Ekonomi seperti biaya pemeliharaannya murah, serta terdapat kemudahan-kemudahan dalam proses pembiayaan produk gadai emas dan Taksirannya yang sesuai dengan prosedur Agama seperti kepatuhan terhadap agama masing-masing serta keberkahan yang mereka dapat, Budaya seperti perubahan gaya hidup partisipan sesudah melakukan transaksi gadai emas dan Sosial seperti keharmonisan dan kepercayaan antar keluarga, kerabat terjalin dengan utuh dan saling mendukung. 2.Masyarakat Non Muslim yang menjadi Nasabah Gadai Emas Bank Syariah Mandiri Cabang Bengkulu. Merasionalkan pilihan mereka berdasarkan Rasionalisasi Nilai seperti minat partisipan memilih produk gadai emas dengan cara berdasarkan pemahaman keagamaan, doktrin keagamaan dan Rasionalisasi Emosi seperti minat partisipan memilih produk gadai emas dengan cara berdasarkan kesenangan batin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Musthofa, MusthofaUNSPECIFIED
Hardivizon, HardivizonUNSPECIFIED
Sholihin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motif, Nasabah, Non Muslim, Gadai Emas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:42
Last Modified: 20 Feb 2023 09:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item