Penerapan Model Pembelajaran Berpetualang Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ipa Di SD 05 Muhammadiyah Rejang Lebong

Oktori, Hendri and Putrajaya, Guntur and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin (2019) Penerapan Model Pembelajaran Berpetualang Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ipa Di SD 05 Muhammadiyah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPETUALANG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PE.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ilmu pengatahuan alam tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Rendahnya kemampuan kognitif siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya Model yang dipakai dalam pengajaran kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Pelaksanaan pembelajaran belum mengarahkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir serta kebiasaan berani mengkomunikasikan pendapat yang merupakan aspek penting kecakapan hidup pembelajaran sehingga nilai rata-rata ujian tengah semester yang diperoleh oleh siswa dikelas IV SD 05 Muhammadiyah Rejang Lebong yaitu sebesar 56,94 dengan ketuntasan klasikal 50%. Salah satu sebab penyebab kognitif siswa yang rendah yaitu siswa tidak diajak belajar diluar lingkungan sekolah yang lebih efektif dalam pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Berpetualang dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini dikarenakan siswa lebih mengembangkan kognitif dalam belajar, ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Berpetualang dapat dikatakan masih rendah dengan nilai rata-rata 57,94. Dengan penggunaan Berpetualang aktivittas siswa menunjukan peningkatan setiap siklus I dengan skor rata-rata 70 dengan ketuntasan belajar 72,35% dan pada siklus II dengan skor rata-rata 76 dengan ketuntasan 88.23%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktori, HendriUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Arbaini Wahyuningsih, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berpetualang , Kognitif . Ipa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:42
Last Modified: 20 Feb 2023 09:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item