Pengaruh Metode Utsmani dengan Sambung Ayat Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Alquran Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang

Ismiana, Ismiana and Ratnawati, Ratnawati and Mutia, Mutia (2019) Pengaruh Metode Utsmani dengan Sambung Ayat Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Alquran Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH METODE UTSMANI DENGAN SAMBUNG AYAT TERHADAP HASIL BELAJAR BACA TULIS ALQURAN (BTA) KELAS V MIS 05 DARUSSALAM KEP~1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Baca Tulis Alquran (BTA) merupakan salah satu mata pelajaran baru yang telah diterapkan di beberapa lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan yang bernuansa islami, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih cepat dalam mendidik anak untuk dapat membaca, menulis dan menghafal Alquran dengan baik dan sesuai dengan kaidah yang telah di tetapkan. BTA merupakan hal yang yang wajib dipelajar oleh seluruh umat islam terutama generasi muda dan anak-anak, Madrasah Ibtidaiyah 05 Darussalam, merupakan madrasah yang memberikan pembelajaran Baca Tulis Alquran yang mengedepankan pembelajaran Alquran ketika anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Menjadikan anak-anak mampu menghafal banyak surat-surat pendek dan bisa bacaan sholat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam usaha menguji hipotesis yang telah diajukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sebanyak 81 siswa yaitu seluruh siswa yang duduk di bangku kelas V Mis 05 Darussalam Kepahiang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 65 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah angket dan hasil belajar BTA siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Uji t Independen dan Regresi Sederhana. Dalam penelitian “Pengaruh Metode Utsmani dengan Sambung Ayat Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Alquran Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang” ini terdapat dua macam variabel, yang meliputi: Independent variabel (X) yaitu Metode Utsmani dengan Sambung Ayat dan Dependen variabel (Y) yaitu Hasil Belajar Baca Tulis Alquran (BTA). Berdasarkan hasil data Metode Utsmani dengan Sambung Ayat dan Hasil Belajar BTA siswa kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang terdapat analisis t independen yang didapat dari hasil perhitungan nilai pretest dan posttest adalah Sig. (2-tailed) .000 < 0,5. Yang artinya terdapat perbedaan Hasil Belajar antara nilai Pretest dan posttest, dengan dibuktikan hasil data Regresi Sederhana diperoleh Y = 85,65 + 0,024 X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ismiana, IsmianaUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Mutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Utsmani Sambung Ayat, Hasil Belajar Baca Tulis Alquran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:42
Last Modified: 20 Feb 2023 09:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item