Implementasi Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di MIN 04 Daspetah Kepahiang

Anggreani, Jeri and Harmi, Hendra and Khair, Ummul (2019) Implementasi Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di MIN 04 Daspetah Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MIN 04 DASPETAH KEPAHIANG.pdf - Accepted Version

Download (870kB)

Abstract

Kurikulum 2013 mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 dan dilaksanakan secara bertahap dan terbatas. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 adalah MIN 04 Daspetah Kabupaten Kepahiang. Sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut, pembelajarannya menggunakan pembelajaran tematik. Sehingga peneliti melakukan penelitian terkait dengan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pelaksanaan pembelajaran tematik yang disampaikan oleh guru di MIN 04 Daspetah Kepahiang. Untuk mengetahui implemenetasi pembelajaaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di MIN 04 Daspetah Kepahiang.Untuk mengetahui hambatan dalam pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di MIN 04 Daspetah Kepahiang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Adapun penelitian ini dilaksanakan di kelas III MIN 04 Daspetah Kabupaten Kepahiang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam setiap pembelajarannya. Pembuatan RPP ini berpedoman pada silabus yang telah disediakan pemerintah dan buku pegangan guru; (2) pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III ini menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Namun, biasanya tidak semua aktifitas dalam kegiatan saintifik tersebut dapat dilakukan dalam satu pembelajaran karena menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan adanya keterbatasan waktu; (3) permasalahan dalam pembelajaran tematik Kurikulum 2013 ini antara lain (a) guru kurang menguasai tentang penerapan pendekatan saintifik, (b) sebagian siswa masih pasif dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru, (c) materi dalam buku siswa kurang luas, (d) penilaiannya terlalu rumit karena ada banyak aspek yang harus dinilai; (4) solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 adalah (a) mengikuti pelatihan atau sosialisai tentang Kurikulum 2013; (b) mendiskusikan permasalahan terkait dengan penilaian autentik dalam forum KKG; (c) memberikan motivasi dan stimulus pada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran; (d) menggunakan sumber belajar lain yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggreani, JeriUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Implementasi- Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:42
Last Modified: 20 Feb 2023 09:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item