Persepsi Guru pada Sekolah Swasta di Kabupaten Rejang Lebong terhadap Strategi Promosi Bank Muamalat

Kristina, Nike Ayu and Noprizal, Noprizal and Rahmat, Jamalludin (2020) Persepsi Guru pada Sekolah Swasta di Kabupaten Rejang Lebong terhadap Strategi Promosi Bank Muamalat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NIKE AYU KRISTINA 16631083 PERSEPSI GURU PADA SEKOLAH SWASTA DI KABUPATEN REJANG LEBONG TERHADAP STRATEGI PROMOSI BANK MU~1.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Abstrak: Saat ini Bank Muamalat KCP Curup telah bekerja sama dengan beberapa pihak sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, dimana instansi pendidikanlah salah satu tujuan dari bank baik instansi negeri maupun swasta, pihak Bank Muamalat lebih memilih bekerja sama dengan instansi swasta dibandingkan negeri disebabkan karena adanya kerja sama yang terjalin dengan pihak bank baik untuk keperluan mengambil gaji para guru, menabung maupun hal yang lainnya. Bank Muamalat KCP Curup selama ini sudah melakukan promosi aupun sosialisasi terhadap guru sekolah swasta hal ini tentunya mempunyai pandangan atau persepsi yang berbeda-beda masing-masing guru tentang strategi promosi Bank Muamalat. Melalui penelitian ini peneliti ingin mendeskripsikan persepsi atau pandangan guru sekolah swasta di Kabupaten Rejang Lebong terhadap strategi promosi Bank Muamalat serta ingin mendeskripsikan faktor-faktor yang melatar belakangi dari persepsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama dari penelitian ini yaitu bersumber dari data lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Setelah data terkumpul, proses selanjutnya adalah analisis data yang diperoleh dalam bentuk yang mudah dibaca dan dipahami untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang diangkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari persepsi berdasarkan aspek bahwa semua guru sekolah swasta pernah mendengar adanya promosi Bank Muamalat dan mereka mengatakan cukup paham tentang promosi yang dilakukan oleh Bank Muamalat terhadap mereka, serta perasaan yang dirasakan oleh guru adalah kebanyakan mengatakan senang dan mengatakan yakin untuk bekerja sama dengan Bank Muamalat. Serta faktor-faktor persepsi tentang kerja sama antara Bank Muamalat dengan guru sekolah swasta melalui strategi promosi pemasaran produk dilihat dari faktor yang pertama, pengetahuan tentang apa saja jenis-jenis produk Bank Muamalat maka dari itu hasil yang didapatkan adalah kebanyakan dari guru mengetahui produk Tabungan iB Muamalat, Tabungan iB Hijrah Haji, serta Tabungan iB Hijrah Rencana, mereka mengetahui semua produk ini dari promosi dan brosur, iklan ataupun poster produk Bank Muamalat. Faktor yang kedua, faktor pelayanan promosi yang dilakukan oleh Bank Muamalat adapun pelayanan yang diberikan Bank Muamalat terhadap guru sekolah swasta adalah memberikan pelayanan yang baik dan yang terbaik bagi nasabahnya karena kenyamanan dan pelayanan adalah suatu yang terpenting pada saat promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kristina, Nike AyuUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Rahmat, JamalludinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru, Sekolah Swasta, Strategi Promosi, Bank Muamalat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:42
Last Modified: 20 Feb 2023 09:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item