Upaya Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Pembuatan Kerajinan Tangan di Sdn 114 Rejang Lebong

Saputri, Hera Apriliana and Harmi, Hendra and Amrillah, Taufik (2022) Upaya Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Pembuatan Kerajinan Tangan di Sdn 114 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
hera apriliana saputri.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kreativitas adalah sesuatu yang sangat penting untuk dikembangkan, karena kreativitas memiliki pengaruh yang penting bagi kehidupan seseorang. Dengan melihat kenyataan bahwa 5% dari siswa kelas 4 di SDN 114 Rejang Lebong masih kurang percaya diri dan imajinatif untuk menemukan sesuatu yang baru dalam pembelajaran. Pembuatan kerajinan tangan adalah salah satu upaya yang dilakukan di SDN 114 Rejang Lebong dalam meningkatkan kreativitas siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam meningkatkan kreativitas siswa di SDN 114 Rejang Lebong dan Faktor apa saja yang mempengaruhi kreativitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Upaya guru untuk meningkatkan kreativitas siswa yaitu dengan cara : 1) aktif membaca, 2) memberi apresiasi, 3) mencintai karya seni, 4) memberikan respek yang baik, 5) inspiratif dan 6) inovatif, 2. Upaya orang tua untuk meningkatkan kreativitas anak yaitu dengan cara: 1) memberi pujian, 2) memberikan ruang khusus, 3) membiasakan anak dalam menghadapi tantangan, 4) menikmati waktu bersama anak, 5) memberikan contoh dalam membuat karya yang kreatif, dan 6) mengarahkan anak, 3. Faktor�faktor yang mempengaruhi kreativitas diantaranya: 1) kesempatan menyendiri, 2) sarana, 3) mendorong dan menunjang segala aktivitas yang dilakukan oleh anak, 4) faktor lingkungan dan 5) pendidikan orang tua. Simpulan dari penelitian ini adalah, Pertama, upaya guru dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui pembuatan kerajinan tangan di SDN 114 Rejang Lebong sudah terlaksana dengan baik. Upaya yang guru lakukan adalah dengan: aktif membaca, gemar berapresiasi, mencintai karya seni, respek terhadap perkembangan, inspiratif dan inovatif. Kedua, Upaya orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak juga sudah terlaksana dengan baik, orang tua sudah memberi pujian, memberi ruang khusus kepada anak untuk bereksperimen, membiasakan anak untuk menghadapi tantangan, menikmati waktu bersama anak memberikan contoh untuk membuat karya yang kreatif dan mengarahkan. Ketiga, Faktor- faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa di SDN 114 Rejang Lebong tidak hanya berasal dari faktor internal akan tetapi juga dari lingkungan baik itu lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga seperti waktu, kesempatan menyendiri, sarana, faktor lingkungan dan pendidikan orang tua. Kata kunci : Kreativitas, Kerajinan Tangan, Kualitatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputri, Hera AprilianaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Amrillah, TaufikUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:41
Last Modified: 20 Feb 2023 09:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item