Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MIS Guppi 11 Rejang Lebong

Juli, Juli and Kusen, Kusen and Sahib, Abdul (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MIS Guppi 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL ‎‎(CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA‎.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Akidah Akhlak melalui model pembelajaran Kontekstual Learning pada siswa kelas III MIS Guppi 11 Rejang Lebong. Dikarenakan nilai hasil belajar Akidah Akhlak masih rendah dibawah KKM. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai dasar dalam mengatasi siswa yang nilainya masih rendah. Hasil belajar merupakan segala prilaku yang dimiliki seseorang sebagai akibat proses belajar yang telah ditempuhnya hasil belajar bukan sekedar penguasaan sesuatu hasil melainkan adanya perubahan prilaku demi tahap, baik dari ranah kognitif, efektif ataupun psikomotorik, seorang yang telah melakukan proses belajar akan terlihat perubahan dalam salah satu beberapa ranah tingkah laku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bersifat kolaboratif berdasarkan pada permasalahannya yang muncul dalam pembelajaran akidah akhlak di MIS Guppi 11 Rejang Lebong dengan mengambil data siswa kelas III yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, prosedur penelitian ini meliputi: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dalam pelajaran akidah akhlak melalui model pembelajaran Kontekstual Learning. hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada sikus I niai rata-rata 65,76 dan siklus II nilai rata-rata 80,76.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Juli, JuliUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Sahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:41
Last Modified: 20 Feb 2023 09:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item