Pengaruh Promosi dan Minat Pedagang Bang Mego terhadap Produk Gadai Emas Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup

Palentin, Revi Asri and Yusefri, Yusefri and Hendrianto, Hendrianto (2020) Pengaruh Promosi dan Minat Pedagang Bang Mego terhadap Produk Gadai Emas Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PROMOSI DAN MINAT PEDAGANG BANG MEGO TERHADAP PRODUK GADAI EMAS BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG CURUP .pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup dalam mengembangkan produknya dan memasarkan produk gadai emas menggunakan metode marketing mix. Markening mix ini meliputi product, price, place, promotion, people, proses dan physical evidence (7p). Adapun strategi promosi Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup dalam memasarkan produk gadai emas yaitu meliputi periklanan (advertisting), promosi penjualan (sales promotion), publisitas (publicity) dan penjualan pribadi (personal selling). Jika diilihat dari strategi promosi dan juga prinsip-prinsip Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup dalam memasarkan produknya, seharusnya dapat menarik minat pedagang untuk melakukan pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh promosi dan minat pedagang Bang Mego terhadap produk gadai emas Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitain lapangan (field research), bersifat asosiatif yaitu penelitian yang memiliki sifat hubungan antara dua variabel. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan ke 93 orang pedagang Bang Mego dan data sekunder yang diperoleh berdasarkan sumber lain, yaitu dari dosen, mahasiswa, jurnal dan buku-buku yang dapat digunakan sebagai dasar penunjang dalam menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan penelitian ini. Sampel pada penelitian ini sebanyak 93 responden yang diambil dengan teknik probability sampling dengan pengambilan secara accidental sampling yaitu peneliti mengambil sampel yang kebetulan ditemuinya pada saat itu juga. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji f dan analisis koefisien determinasi (R2). Pengaruh promosi terhadap produk gadai emas Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup 53,76% berpengaruh dan 46,24% tidak berpengaruh. Minat pedagang Bang Mego terhadap produk gadai emas Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup sebanyak 45 orang (48,39%) beminat dan sebanyak 48 orang (51,61%) tidak berminat. Nilai F hitung = 20,240 dengan tingkat keyakinan 95% signifikan 5% dan df (n-k-1) 93-2-1 = 90, maka didapatkan F tabel sebesar 3,10, maka Ho ditolak karena F hitung > F tabel dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya promosi dan minat pedagang Bang Mego berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap produk gadai emas Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Curup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Palentin, Revi AsriUNSPECIFIED
Yusefri, YusefriUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Minat, Produk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:41
Last Modified: 20 Feb 2023 09:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item