Kompetenai Guru DalamMenangani Anak Inklusi di SD Muhammadiyah 01 Curup Tengah

Khotimah, Khusnul and Kurniawan, Kurniawan and Palupi Putri, Dini (2019) Kompetenai Guru DalamMenangani Anak Inklusi di SD Muhammadiyah 01 Curup Tengah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
KOMPETENSI GURU DALAM MENANGANI ANAK INKLUSI.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat fenomena pendidikan inklusi yang akhir-akhir ini belum terlaksana secara optimal, dimana latar belakang guru di sekolah inklusi Ini sebagai guru umum bukan guru khususs dari LB sehingga terbatasnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh guru di sekolah inklusi, dan kompetensi guru dalam menangani anak inklusi yang perlu dikembangkan lagi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih mendalam tentang kompetensi guru yang terdapat di sekolah inklusi di SD Muhammadiyah 01 Curup Tengah; bagaimana kompetensi guru dalam menangani anak inklusi di sd muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian yang meliputi guru kelas III, IV, V SD Muhammadiyah 01 Curup Tenngah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisi Data Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triaNgulasi teknik. Hasil penelitian ini yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru ,pada kelas III, IV, dan V di SD Muhammadiyah 01 Curup Tengah, yakni kompetensi pedagogik memahami peserta didik secara mendalam. Kompetensi kepribadian bertindak sesuai dengan norma sosial. Kompetensi profesioan menguasai materi, dan kompetensi sosial santun dengan peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif. (2) proses belajar mengajar dikelas inklusi seringkali satu arah dimana siswa mendengarkan apa yang di sampaikan guru. Oleh karenanya siswa lebih dilibatkan secar aktip untuk berinteraksi dengan guru atau siswa. (3) Faktor penghambat dari lingkungan masyarakat sendiri, masyarakat yang awam dimana sebagaian masyarakat menyatakan , jika SD Muhammadiyah ini sama dengan SLB, faktor pendukung nya dukung oleh PKLK (pendidikan khusus pelayanan khusus) Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khotimah, KhusnulUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Palupi Putri, DiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Anak Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:41
Last Modified: 20 Feb 2023 09:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item