Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Kelas IV MIN 04 Daspetah Kabupaten Kepahiang

Royani, Lega Lensi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Kelas IV MIN 04 Daspetah Kabupaten Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan Alam (IPA) sebagai disiplin ilmu adalah salah satu mata pelajaran yang penting untuk diberikan kepada siswa di Madrasah. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal maka dibutuhkan model pembelajaran yang baik, salah satunya adalah Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dterapkannya model pembelajaran Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MIN 4 Daspetah Kabupaten Kepahiang, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV MIN 4 Daspetah Kabupaten Kepahiang, 3) Untuk mengetahui dengan diterapkannya model pembelajaran Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MIN 4 Daspetah Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action research), yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang dilaksanakan di MIN 04 Kepahiang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus komparasi “T-Test” dengan sample kecil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MIN 4 Daspetah Kabupaten Kepahiang masih banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar dibawah KBM yang telah ditentukan yaitu 70, (2) Penerapan model pembelajaran Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) selama kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama 2 siklus selalu mengalami peningkatan, meningkatnya aktivitas guru tersebut dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan berdasarkan kelemahan-kelemahan yang ada pada setiap siklus, (3) Berdasarkan data yang telah dianalisis setiap siklusnya, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dari perbandingan pre-test dengan siklus I sebesar 3.2. Kemudian perbandingan siklus I Pertemuan 1 dengan siklus I Pertemuan II sebesar 4.7 dan perbandingan siklus I Peteuan II dengan siklus II Pertemuan I adalah sebesar 5.95. serta hasil analisis “t” siklus II Pertemuan I dengan pertemuan II sebesar 3.72. Sedangkan besarnya t_tabel pada taraf 1 % adalah 2,77 dan taraf 5 % adalah 2,02. Maka dapat diketahui t_0 dari siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan perbedaan yang lebih besar terhadap t_tabel, baik pada taraf 1 % maupu pada taraf 5 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Royani, Lega LensiUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini Wahyuningsih, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:41
Last Modified: 20 Feb 2023 09:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item