Hapsari, Henni Setia and Asha, Lukman and Putrajaya, Guntur (2022) Pembelajaran Lagu Daerah Rejang Dalam Menanamkan Apresiasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Kelas Iv Sd Negeri 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Henni Setia Hapsari.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya apresiasi siswa sekolah dasar dalam mempelajari budaya lokal, salah satu penyebabnya yaitu derasnya pengaruh budaya dari luar sehingga keberadaan budaya lokal menjadi tergusur. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran lagu daerah Rejang dalam menanamkan apresiasi nilai-nilai kearifan lokal siswa kelas IV di SD Negeri 18 Rejang Lebong dan mendeskripsikan bentuk apresiasi siswa pada saat pembelajaran lagu daerah Rejang sebagai upaya menanamkan nilai-nilai kearaifan lokal di Kelas IV SD Negeri 18 Rejang Lebong. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa-siswi kelas IV di SD Negeri 18 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu: 1). Hasil dari proses pembelajaran lagu daerah sudah berlangsung dengan baik. Terlihat ketika proses kegiatan pembelajaran lagu daerah sudah sesuai dengan tahapannya, yaitu tahapan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pembelajaran lagu daerah dapat menanamkan apresiasi terhadap nilai-nilai kearifan lokal. Terlihat setelah pembelajaran lagu daerah siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan baik dan benar, siswa juga menjadi tahu judul lagu-lagu daerah. 2) Bentuk dari apresiasi siswa ketika pembelajaran lagu daerah juga dapat dikatakan baik. Terlihat ketika siswa dapat menilai, mengomentari dan menjelaskan penampilan ketika temannya tampil menyanyikan lagu daerah. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lagu daerah ini sendiri secara efektif dan efisien telah dapat membantu siswa untuk terlibat aktif didalam pembelajaran, sehingga penanaman apresiasi terhadap nilai-nilai kearifan lokal dapat tercapai. Kata Kunci: Pembelajaran Lagu Daerah, Apresiasi, Kearifan Lokal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > M Music |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:40 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |