Rafifah, Helvy Fitri and Ratnawati, Ratnawati and Siswanto, Siswanto (2022) Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Anak di Sdit Khoiru Ummah. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Helvi Crp (2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Anak merupakan amanah yang diberikan kepada orang tua dari Allah Swt, sebagai orang tua sudah menjadi sebuah kewajiban untuk dapat mendidik dan merawat anaknya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kolaborasi dan faktor pendukung dan penghambat orang tua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai religius pada anak di SDIT Khoirul Ummah. Metode ini menggunakan metode kulitatif, yang subjek penelitiannya adalah orang, guru, guru kelas IV SDIT Khoiru Ummah, penelitian ini dilaksankan di SDIT Khoiru Ummah pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun tekniknya menganalisis data ialah denganreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan, terdapat kesimpulan bahwa bentuk kolaberasi orang tua dan guru dalam ditanamkannya nilai religius terdapat 2 yaitu : 1) Bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan nilai – nilai religuis pada anak di SDIT Khoiru Ummah ada dua, yang pertama bentuk kolaborasi usah formal dengan cara membentuk wajibat ibadah melalui program harian, mingguan bulanan dan tahuan seperti sholat 5 waktu, muroja‟ah, tilawan, duha, tahajud dan hapalan, BPI, infak, sedekah subuh, kunjungan panti, puasa sunah, pesantren rahmadan, mabid. Yang kedua melalui bentuk kolaborasi usah informal sepeti anak tidak boleh berbicara kotor, anak harus saling menghargai dan menghormati, menyapa ketika bertemu dengan ustad dan ustaza, membuang sampah pada tempatnya dan membatu orang tua di rumah.2) Faktor pendukung dan penghambat kolaborasi orang tua dan guru dalam menannamkan nilai-nilai religius pada anak di SDIT Khoiru Ummah. Faktor pendukung yaitu pendidik / guru dalam kolaborasi ini guru mengpasilitasi buku penghubung, orang tua mau berkerja sama baik dengan guru. Faktor penghambat yaitu lingkungan anak masih sering ikut- ikutan teman, peserta didik masih sering lalai, suka main –main, malas-malasan. Kata Kunci : Kolaborasi, Orang Tua Karir Dan Guru , Nilai-Nilai Religius
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:22 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:22 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1077 |
Actions (login required)
View Item |