Faktor-Faktor yang Menyebabkan Devisit Anggaran pada BMT Pat Sepakat Tahun 2016-2018

Fatmawati, Fatmawati and Istan, Muhammad and Hendrianto, Hendrianto (2020) Faktor-Faktor yang Menyebabkan Devisit Anggaran pada BMT Pat Sepakat Tahun 2016-2018. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN DEVISIT ANGGARAN PADA BMT PAT SEPAKAT.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi awal, penyebab terjadinya devisit anggaran pada BMT Pat Sepakat disebabkan terjadinya kredit macet atau kredit bermasalah. Pada tahun 2016 dan 2017 banyak anggota BMT Pat Sepakat yang melakukan pembiayaan sedangkan pada tahun 2016 dan 2017 kondisi keuangannya pada saat itu sedang mengalami kesulitan. Namun semua ajuan pembiayaan tetap dapat di penuhi oleh BMT Pat Sepakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian adalah BMT Pat Sepakat. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara/interview dan teknik dokumentasi dan menganalisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dengan model fishbond deskripsi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam melakukan pemasaran produk BMT Pat Sepakat telah menjalankan sesuai dengan konsep pemasaran, namun terdapat kendala dalam menerapkan strategi pemasaran yaitu minimnya sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya, sumber dana sebagai modal yang masih terbatas, dan persaingan ketat dengan lembaga keuangan yang lainnya. 2) Faktor-faktor penyebab terjadinya defisit anggaran pada BMT Pat Sepakat disebabkan karena adanya kredit macet dan kondisi keuangan yang kurang baik, namun masih dalam batas kewajaran. Adapun upaya yang dilakukan dalam menanganinya adalah dengan cara meningkatkan pertumbuhan simpanan wajib sebagai dana cadangan dan meningkatkan promosi produk, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap BMT Pat sepakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
Istan, MuhammadUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, promosi dan pertumbuhan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:22
Last Modified: 20 Feb 2023 09:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item