Persepsi Masyarakat Desa Sukarami Kecamatan Kota Padang terhadap Produk Pembiayaan Bank Syariah

Minarti, Kareza and Febriyarni, Busra and Fitmawati, Fitmawati (2020) Persepsi Masyarakat Desa Sukarami Kecamatan Kota Padang terhadap Produk Pembiayaan Bank Syariah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PERSEPSI MASYARAKAT DESA SUKARAMI KECAMATAN KOTA PADANG TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Fenomena yang peneliti Amati di desa Sukarami Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong bahwa banyak persepsi masyarakat terhadap bank syariah adapun persepsi yang dimaksud adalah persepsi yang timbul atau disebabkan dari pengetahuan dan pemahaman dari masyarakat tersebut. Namun yang menjadi permasalahan di desa ini masih akrab berhubungan langsung dengan bank konvensional seperti halnya mereka adalah mayoritas beragama Islam akan tetapi masih banyak menyimpan atau menitipkan uang dengan bank konvensional dibandingkan dengan bank syariah tentu hal tersebut mempunyai persepsi tersendiri dari masyarakat ini, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana Persepsi masyarakat desa Sukarami kecamatan Kota Padang terhadap Produk Pembiayaan Bank syariah. Metodologi penelitian ini yang digunakan oleh peneliti yaitu metode deskriptif kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data yang dibutuhkan penulis hanya berupa keterangan dan penjelasan dari informan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui informasi pemerintah desa, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitarnya. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa persepsi masyarakat desa Sukarami kecamatan Kota padang terhadap produk pembiayaan bank syariah yaitu secara keseluruhan dari responden mereka kurangnya pemahaman hanya mengetahui secara garis besar dari nama bank syariah itu saja dan belum begitu memahami dengan sesungguhnya akad bank syariah dan sistem pada bank syariah. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut yaitu faktor Internal yang berisi mengenai perhatian, latar belakang, pengalaman, kondisi psikologi, informasi baru serta sikap dan kepercayaan umum. Sedangkan faktor eksternal yaitu dan jarak tempuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Minarti, KarezaUNSPECIFIED
Febriyarni, BusraUNSPECIFIED
Fitmawati, FitmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Produk Pembiayaan, Bank Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:22
Last Modified: 20 Feb 2023 09:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item