Oktaria, Rina and Nuzuar, Nuzuar and Amin, Muhammad (2020) Manajemen Mutu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Negeri 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
MANAJEMEN MUTU DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti yakni untuk mengetahui (1) manajemen mutu dalam PPDB di SMKN 7 Rejang Lebong, (2) faktor penunjang dan penghambat PPDB di SMKN 7 Rejang Lebong. Upaya sekolah dalam melakukan pengelolaan dalam penerimaan siswa baru di sekolah harus diletakkan dalam konteks peningkatan mutu pendidikan dan otonomi sekolah. Oleh karena itu didalam proses peningkatan mutu pendidikan perlu dicari alternatif pengelolaan sekolah. perencanaannya juga sudah sesuai dengan prosedurnya namun pelayanan administari akademik kurang baik karena tenaga pendidik jarang mengakses website sekolah sebagai media informasi dan pola penerimaan peserta didik baru masih sangat sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara untuk mencari responden, dokumentasi untuk bukti penelitian dan observasi untuk mengamati objek. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Ketua PPDB, Objek penelitian di SMKN 7 Rejang Lebong. Data kualitatif dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: (1) perencanaan pelaksanaan rapat tahunan dalam peserta didik meliputi pelaksanaan kegiatan promosi (a) sosialisasi yang dilakukan (b) bentuk promosi yang dilakukan; (2) pelaksaan manajmen mutu. Dalam kegiatan pelaksanaan ini kepala sekolah berkoordinasi dengan waka kesiswaan (3) perencanaan strategi pemasaran yang baik yang terdiridari (a) strategi promosi yang diterapkan, (b) manfaat yang ditawarkan kepada orang tua peserta didik, (c) penggalian keinginan mutu konsumen, yaitu orang tua wali murid, (d) pelaksanaan yang dilakukan agar konsumen puas dengan layanan yang diberikan oleh SMK Negeri 7 Rejang Lebong.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Manajemen Mutu, Peserta Didik Baru | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr hardinata | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:21 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:21 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1056 |
Actions (login required)
View Item |