Aziz, Anisa Nur and Purnamasari, Dewi and Indrawari, Karliana (2021) Etika Menuntut Ilmu Menurut Imam Az Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’alim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
SKRIPSI ANISA NUR AZIZ.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Di era modern seperti saat ini dan juga perkembangan teknologi yang begitu maju bahkan dengan belajar pun menggunakan teknologi seperti gadget, tapi saat ini banyak pelajar yang tidak memanfaatkan teknologi tersebut untuk belajar. Hal ini akan sangat merugikan banyak pihak apabila pelajar tidak di bimbing dalm penggunaan teknologi terutama dalam hal intelektual dan etika. Maka dari itu perlunya bimbingan baik dari orang tua maupun guru, dan juga perlu di ajarkan etika dan moral yang baik bukan hanya di kehidupan namun juga dalam menuntut ilmu. Maka dari itu keberhasilan konsep etika menuntut ilmu menurut imam Az Zarnuji ini dalam hal belajar bahkan untuk kehidupan di masa yang akan datang, dan juga perlu adanya pendidikan islam yang akan menghantarkannya juga kepada keberkahan dan keridhaan dari Allah SWT., dalam hal menuntut ilmu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka melalui jurnal dan buku-buku referensi yang relevan. Teknik analisis data menggunakan analisis isi dan Grounded Theory. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa etika menuntut ilmu menurut imam Az Zarnuji ini memiliki 13 pasal yang meliputi:hakikat ilmu&keutamaannya;niat ketika belajar;memilih ilmu,guru dan kesabaran dalam belajar;takzim terhadap ilmu dan ahli ilmu;giat,rajin,dan semangat;memulai belajar,ukuran,dan urutannya;bertawakal;masa belajar;kasih sayang dan nasihat;memetik pelajaran dan adab mengambil faedah ilmu;sikap wara‟;hal yang memudahkan hafalan dan menyebabkan lupa;hal yang mendatangkan dan menjauhkan (rezeki)dan memperpanjang dan mengurangi usia. Dari keseluruhan pasal mengenai etika menuntut ilmu dalam kitab Ta‟lim al Muta‟allim ini dan relevansinya terhadap pendidikan islam diantaranya meliputi pendidikan akhlak, pendidikan keimanan, dan pendidikan intelektual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika Menuntut Ilmu, Imam Az Zarnuji, Pendidikan Islam. | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:20 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1046 |
Actions (login required)
View Item |