Upaya Guru Tahfiz dalam Menjaga Hafalan Al-Quran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Rabbi Radhiyya Rejang Lebong

Febriyansyah, Haqqi and Baryanto, Baryanto and Masudi, Masudi (2022) Upaya Guru Tahfiz dalam Menjaga Hafalan Al-Quran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
HAQQI_FEBRIANSYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QURAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU (SMK IT) RABBI RADHIYYA REJANG LEBONG Penelitian ini dilatar belakangi oleh sudah banyaknya pembelajaran tahfidz disekolah negeri maupun swasta dengan tujuan menciptakan generasi penghafal Al�Quran, namun dalam menghafal bukan hanya menambah banyak hafalan tetapi juga bagaimana menjaga hafalan yang sudah ada, susahnya siswa dalam menjaga hafalan pada pembelajaran tahfidz, hal ini terjadi disekolah SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Tujuan Penelitian adalah: (1). Untuk mengetahui kondisi umum hafalan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu (SMK IT) Rabbi Radhiyya Rejang Lebong (2). Untuk mengetahui upaya guru tahfidz dalam Menjaga Hafalan Al-Quran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu (SMK IT) Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Guru Tahfidz SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong dan Siswa/Siswi SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa: 1). Kondisi umum hafalan siswa di SMK IT Rabbi Radhiyya itu bermacam-macam diantara siswa yang disebabkan berbagai faktor salah satunya latar belakang sekolah sebelumnya yang berbeda sehingga ada siswa yang mempunyai hafalan yang kuat, ada siswa yang lancar serta ada juga siswa yang lemah dalam menghafal. Metode pembelajaran yang di terapkan berbagai macam seperti guru mentahsin kan terlebih dahulu bagi siswa yang belum lancar membaca Al-Quran, terkadang juga guru menggunakan metode takrir, talaqqi dan tasmi’. 2). Upaya yang dilakukan guru tahfidz dalam menjaga hafalan siswa di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong yaitu guru senantiasa mengajak dan membimbing siswa untuk melakukan muraja’ah, kegiatan muraja’ah ini terdapat waktu khusus bagi siswa disekolah seperti dipagi hari sebelum kegiatan belajar megajar. Selanjunya guru juga memberikan motivasi serta hukuman kepada siswa yang malas muraj’ah dan tidak mencapai target hafalan. Kata Kunci : Guru Tahfidz, Menjaga, Hafalan Al-Quran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febriyansyah, HaqqiUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Masudi, MasudiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:20
Last Modified: 20 Feb 2023 09:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item