Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 7 Rejang Lebong

Afriza, Afriza and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2022) Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi AFRIZA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan mengadakan variasi adalah keterampilan yang menciptakan pembelajaran yang antusias, menyenangkan, menciptakan motivasi serta mampu mengundang perhatian peserta didik dalam mengatasi kebosanan peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik, untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa setelah guru mengadakan variasi pada pemebalajaran tematik kelas, dan untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dialami guru dalam mengadakan variasi pada prmbelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah di SDN 7 Rejang Lebong, yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas V, dan beberapa murid kelas V, yang dimintai keterangan serta pendapat tentang keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut (1) Keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik kelas V SDN 7 Rejang Lebong sudah cukup baik dapat dilihat berdasarkan indikator seperti variasi gaya mengajar, variasi media pembelajaran, dan variasi pola interaksi antara guru dan siswa sudah terbiasa terjalin dengan baik hal ini dapat di lihat dari motivasi belajar siswa. (2) Tanggapan siswa saat guru melaksanakan variasi pada pembelajaran sangat berantusias dan bersemangat dalam belajar, peserta didik tidak hanya menerima akan tetapi memberi pendapat, dilihat dari siswa yang belajar berdasarkan minat dan kemampuannya sendiri. (3) kendala yang sering dialami oleh guru pada saat melaksanakan variasi pada pembelajaran tematik adalah banyaknya materi pelajaran yang dikemas dalam tema-tema sehingga mengakibatkan guru kesulitan dalam melaksanakan variasi pada pembelajaran, serta karena masih banyak ditemui siswa yang masih belum mempunyai motivasi untuk lebih giat dalam belajar, sehingga guru mengalami kesulitan dalam mengkondisikan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Afriza, AfrizaUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Meldina, TikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Variasi, Pembelajaran Tematik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:20
Last Modified: 20 Feb 2023 09:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item