Hasanah, Hanifah Nuur and Asha, Lukman and Yanuarti, Eka (2022) Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahfidz di Sd It Rabbi Radhiyya 02 Curup Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Hanifah Nuur Hasanah.pdf Download (6MB) |
Abstract
HANIFAH NUUR HASANAH (18531063) "IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD IT RABBI RADHIYYA 02 CURUP REJANG LEBONG", PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP 2022 Tahfidz atau penghafalan merupakan pengucapan yang dilakukan secara berulang-ulang dan suatu pengajaran yang dilakukan pertama kali memang dengan cara lisan atau penghafalan. Dengan menghafal perlu menggunakan cara agar menjadi mudah dan menyenangkan seperti menerapkan metode ummi ini. Metode ummi merupakan metode baca Qur‘an praktis yang tidak banyak penjelasan dan diulang-ulang dalam belajar membaca Al-Qur‘an. Metode ini menggunakan nada atau lagu yang bisa memudahkan siswa dalam menghafal. SDIT Rabbi Radhiyya ini salah satu sekolah yang menerapkan pelaksanaan belajar tahfidz dengan menggunakan metode ummi ini dan sudah terlaksana selama 1 tahun dan sudah terlihat perkembangannya. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran tahfidz di kelas V SDIT Rabbi Radhiyya. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode ummi di SDIT Rabbi Radhiyya 02 (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode ummi di SDIT Rabbi Radhiyya 02. Penelitian ini bertujuan utnuk mengetahui pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran tahfidz Di SDIT Rabbi Radhiyya 02 serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya.. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualiatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode ummi dalam pembelajaran tahfidz ini menggunakan nada atau lagu disetiap pembelajarannya baik itu tahsin ataupun tahfidz. Persiapan yang dilakukan bisa berupa ruang kelas, pembagian kelompok untuk mengikuti pembelajaran tahfidz ini dengan pelaksanaan yang menyenangkan. Penerapannya menggunakan beberapa langkah yaitu Pembukaan, Apresiasi, Penanaman Konsep, Pemahaman Konsep, Latihan/Keterampilan, Penilaian/evaluasi, dan Penutup. Hasil evaluasi dari penilaian siswa berhasil meningkat dengan menggunakan metode ini dan banyak siswa mencapai target yang telah ditentukan dari sekolah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode ummi ini adalah memiliki fasilitas dan kreatifitas guru yang memadai, siswa yang berpotensi, dan keluarga yang mendukung kondisi belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari kemampuan siswa yang berbeda-beda, keluarga yang tidak mendukung, dan mutu bacaan setiap peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran Tahfidz, Metode ummi, SDIT Rabbi Radhiyya 02
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:20 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1033 |
Actions (login required)
View Item |