Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal Syariah terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi (Desa Tebat Tenong Luar)

Ramadan, M Tommi and Noprizal, Noprizal and Ghoni, Muhammad Abdul (2019) Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal Syariah terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi (Desa Tebat Tenong Luar). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
M. Tommi Ramadan 16631068.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat di desa terutama di Desa Tebat Tenong Luar lebih memilih menginvestasikaan uang dengan membeli emas, kebun, sawah dan lain-lain. Padahal ada investasi lain yaitu di Pasar Modal Syariah, upaya untuk mensosialisasikan mekanisme berinvestasi di Pasar Modal Syariah oleh pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) supaya masyarakat lebih luas memahami Pasar Modal Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini penulis mengambil sampel di Desa Tebat Tenong Luar sejumlah 30 responden/masyarakat. Responden pada penelitian ini yaitu masyarakat yang mengikuti sosialisasi Pasar Modal Syariah dan seluruh dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap koesioner yang dibagikan kepada masyarakat Desa Tebat Tenong Luar yang mengikuti sosialisasi Pasar Modal Syariah. Sedangkan data sekunder berupa penelitan terdahulu dari jurnal maupun skripsi sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan (uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis) dengan pengelolaan data menggunakan program software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh sosialisasi terhadap minat masyarakat menunjukan Hasil regresi menghasilkan garis regresi yang disimbolkan dengan (dibaca: Y topi atau Y cap), yang berfungsi sebagai Y perkiraan. Konsatanta sebesar 7.103, mangandung arti bahwa nilai konsistensi variabel minat masyarakat berinvestasi (Y) sebesar 7.103, sedangkan koefisien X sebesar 0.635 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 % nilai minat masyarakat, maka minat masyarakat berinvestasi bertambah 0,635.Koefisien regresi tersebut dapat dikatakan bahwa arah pengaruh X terhadap Y positif, yaitu jika pengaruh sosialisasi pasar modal syariah terhadap minat masyarakat berinvestasi meningkat maka ada pengaruh terhadap minat masyarakat berinvestasi, begitupun sebaliknya dan koefisien determinasi R Square 0,789 dan nilai R Square sebesar 0,789 atau 78,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sosialisasi Pasar Modal Syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat berinvestasi di Pasar Modal Syariah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadan, M TommiUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Ghoni, Muhammad AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Masyarkat, Minat Berinvestasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:19
Last Modified: 20 Feb 2023 09:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item