Upaya Guru Dalam Meningkatkan Retensi Siswa dalam Sistem Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD N 118 Rejang Lebong

Kurnia, Mentari Elfa and Azwar, Beni and Sahib, Abdul (2019) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Retensi Siswa dalam Sistem Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD N 118 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN RETENSI SISWA DALAM SISTEM PERKALIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA.pdf - Accepted Version

Download (363MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan penerapan metode jaritmatika terhadap siswa. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode jaritmatika pada mata pelajaran matematika. 3) Peningkatan dengan menerapkan metode jaritmatika pada mata pelajaran matematika Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan (Clasroom Action Research). Lokasi Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas III SDN 118 Rejang Lebong. Adapun subjek dalam penelitian ini siswa kelas III dan prosedur pengumpulan data meliputi: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan cara : tes dan observasi dan dokumen dan analisis data dengan data yang telah dikumpulkan dianalisis sebagai berikut:pengolahan data Hasil Belajar dan analisis data observasi. Hasil peneiltian menunjukan 1)Deskripsi penerapan metode jaritmatika terhadap siswa, Pada Siklus I aktivitas skor 52 termasuk kategori Baik (B) dan aktivitas siswa dengan skor 31,5 termasuk kategori “Tidak Baik”. Pada siklus II aktivitas guru dengan skor 64,5 termasuk kategori Baik (B) skor 50,5 termasuk kategori “ Baik”. pada siklus III aktivitas guru dengan skor 72,5 termasuk kategori Sangat Baik (A). Dan sktivitas siswa dengan skor 53 kategori “Baik”. 2) Deskripsi hasil belajar siswa setelah menerapkan metode jaritmatika pada mata pelajaran matematika: pada siklus I ada 15 orang siswa atau 68,18 %, pada siklus II 18 orang siswa atau 81,81%, pada Siklus III ada 20 orang siswa atau 90,90%. 3) Peningkatan dengan menerapkan metode jaritmatika pada mata pelajaran matematika yakni Pada siklus I persentase pencapaian 66,25%, siklus II diperoleh keterangan bahwa rata-rata skor observasi guru adalah 64,5 dengan persentase 80,62% atau dengan peningkatan 14,37%. Siklus ke III diperoleh 72,5 kriteria sangat baik dengan persentase 90,62% dengn peningkatan yaitu 10 % point dengan kategori sangat baik. Pada observasi siswa untuk siklus I 31,5 dengan kriteria tidak baik (52,5%), siklus II 50,5 dengan kriteria baik atau 84,16% dengan peningkatan sebanyak 33,66%. Pada siklus III diperoleh 53 dengan kriteria baik (88,33%) peningkatan 4,17 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurnia, Mentari ElfaUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Sahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya, rentensi dan jaritmatika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:22
Last Modified: 19 Jan 2023 04:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item