Analisis Strategi Pemasaran Tabungan iB Hasanah Menggunakan Akad Wadiah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo Linggau)

Vida, Lukita Della and Sulastyawati, Dwi and Silvia, Sineba Arli (2020) Analisis Strategi Pemasaran Tabungan iB Hasanah Menggunakan Akad Wadiah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo Linggau). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN iB HASANAH MENGGUNAKAN AKAD WADIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Pertumbuhan suatu bisnis dalam era globalisasi sangat pesat dan itu mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, peranan Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo-Linggau tentu mempunyai strategi sendiri dalam kegiatan pemasaran. Salah satu fokus Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo-Linggau adalah meningkatkan jumlah nasabah melalui pemasaran produk tabungan iB Hasanah dengan akad wadi‟ah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo-Linggau dalam memasarkan produk tabungan iB Hasanah dengan akad wadi‟ah dan strategi pemasaran produk tabungan iB Hasanah menggunakan akad wadi‟ah dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama dari penelitian ini adalah data dari lapangan melalui wawancara kepada Operation Service Head dan Funding Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo-Linggau, karena pada bagian ini mereka lebih memahami mengenai kendala dan strategi seperti apa yang dapat dilakukan Bank BNI Syariah KCP Tugumulyo-Linggau dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui tabungan iB Hasanah dengan akad wadi‟ah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan iB hasanah, adalah lemahnya pemahaman marketing mengenai produk tabungan iB hasanah dengan akad wadi‟ah, bank pesaing, dan akad yang digunakan. 2) Strategi pemasaran tabungan iB hasanah dengan akad wadi‟ah di bank BNI Syariah KCP Tugumulyo-Linggau dalam memasarkan tabungan tersebut dilandaskan pada bauran pemasaran 9P yang terdiri atas strategi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, bentuk fisik, hubungan masyarakat, dan kekuatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Vida, Lukita DellaUNSPECIFIED
Sulastyawati, DwiUNSPECIFIED
Silvia, Sineba ArliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Tabungan iB Hasanah, Wadi’ah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:18
Last Modified: 20 Feb 2023 09:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item