Analis Kesalahan Penulisan ditinjau dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 14 Rejang Lebong

Mezi, Mezi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin (2019) Analis Kesalahan Penulisan ditinjau dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 14 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN DITINJAU DARI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan siswa dalam kesalahan penulisan karangan narasi. Menulis karangan narasi tentunya harus memperhatikan kaidah dan aturan penulisan yang benar. Harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Kenyataannya di kelas IV MI Muhammadiyah 14 Rejang Lebong dalam kegiatan menulis ditemukan beberapa kesalahan ejaan. Kesalaham tersebut berupa kesalahan penulisan huruf kapital, penulisan tanda baca, dan kesalahan penulisan kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah bentuk kesalahan penulisan huruf kapital, bagaimanakah bentuk kesalahan penulisan tanda baca, bagaimanakah bentuk kesalahan penulisan kata, dan untuk mengetahui seberapa besar bentuk kesalahan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas IV MI Muhammadiyah 14 Rejang Lebong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif, yang menjadi subjek penelitian ini karangan siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang siswa. Data penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan penulisan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang berupa huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi berupa karangan narasi siswa, kemudian dianalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan conclusioan drawing (membuat kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan: terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dengan tingkat kesalahan tergolong rendah dengan rentang skor sebesar 12,37%, terdapat kesalahan penggunaan tanda baca dengan tingkat kesalahan tergolong sangat rendah dengan rentang skor 5,02%, dan terdapat kesalahan penulisan kata dengan tingkat kesalahan tergolong rendah dengan rentang skor 15,87%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mezi, MeziUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini Wahyuningsih, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, Karangan Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:45
Last Modified: 19 Jan 2023 03:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item